ADA JALAN

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN


KOMUNIKASI PEMASARAN


                Komunikasi pemasaran adalah salah satu dari keempat elemen utama bauran pemasaran perusahaan. Pemasar harus tahu bagaimana menggunakan iklan, atau promosi penjualan, publitas dan penjualan personal untuk mengomunikasikan suatu produk beserta nilainya kepada konsumen yang akan dituju atau target pemasaran produk.
Proses komunikasi itu sendiri terdiri dari Sembilan elemen, penyampai pesan, penerima pesan, penyandian, pembaca sandi, pesan, media, tanggapan, dan umpan balik tanggapan.pemasar harus tahu bagaimana cara mencapai khalayak sasaran dan berhadapan dengan kecenderungan khalayak pada perhatian selektif, distorsi (pemutarbalikan pesan) dan mengingat pesan.
Untuk menetapkan program promosi, diperlukan delapan tahap. Pertama, komunikator harus mengidentifikasi khalayak sasaran dan cirri-cirinya, termasuk citra mereka terhadap produk. Kemudian komunikator harus menentukan tujuan komunikasi, apakah untuk menciptakan perkenalan, pengetahuan, kesukaan, pilihan, keyakinan dan pembelian. Lalu, pesan harus dirancang meliputi isi yang efektif, struktur, format dan sumber, saluran-saluran komunikasi personal maupun nonpersonal harus diseleksi. Selanjutnya, anggaran promosi yang menyentuh harus ditetapkan. Biaya promosi harus didistribusikan menurut alat-alat  utama promosi yang digunakan. Komunikator harus menelusuri seberapa banyak pasar yang mengenal produk itu, mencoba serta puas terhadap produknya selama proses promosi. Terakhir, semua komunikasi harus dikelola dan dikoordinasi agar konsisten tepat dan efektif. Apabila khalayak sasaran dan cirri-cirinya sudah diketahui, pemasaran harus mengetahui tanggapan apa yang dikehendaki, yaitu tanggapan kognitifafektif dan prilaku dari khalayak sasaran.

PROGRAM PERIKLANAN

                Periklanan merupakan penggunaan bayaran oleh seorang penjual untuk mengomunikasikan informasi persuasive tentang produk, jasa ataupun organisasi dan merupakan alat promosi yang kuat. Iklan mempunyai berbagai macam bentuk yaitu nasional, regional, local, konsumen, industry, eceran, produk, lembaga, dan sebagainya, yang dirancang untuk mencapai berbagai macam tujuan penjualan seketika, pengenalan merek, prefrensi dan sebagainya.
Pengambilan keputusan periklanan merupakan proses yang terdiri dari penetapan tujuan, keputusan anggaran, keputusan pesan, penetapan media dan evaluasi mengenai kampanye. Pemasangan iklan harus menyusun sasaran yang jelas sesuai dengan tujuan iklan, yakni untuk member informasi, persuasi, pengingatan para pembeli, menambah nilai atau membantu usaha promosi lainnya. Anggaran iklan bisa ditetapkan berdasarkan pada beberapa  yang bisa dibelanjakan, pada presentase anggaran penjalan, anggaran para pesaing,tujuan dan fungsi iklan, atau pada model keputusanlain yang lebih rumit. Keputusan pesan melewati tahap pencarian, evaluasi, seleksi, dan baru pelaksanaan yang efektif. Keputusan media didahului dengan perumusan tujuan, jangkauan, media kasus dan penjadwalan media.
Periklanan merupakan salah satu tahapan dalam pemasaran. Produk barang atau jasa, baik penamaannya, ppemasarannya, penetapan harga, dan distribusinya tercermin dalam kegiatan periklanan. Tanpa adanya periklanan, berbagai produk tidak akan dapat mengalir secara lancer ke para distributor atau penjual, bahkan sampai ketangan konsumen atau pemakai. Iklan tidak saja digunakan oleh perusahaan bisnis, tetapi oleh lembaga pendidikan, rumah sakit, organisai amal, museum, pemerintah, partai politik, untuk membidik sasarannya. Pesan akan lebih efektif biaya jika disampaikan lewat iklan, baik pesan untuk membangun preferensi merek ataupun untuk mendidik penduduk suatu Negara untuk tidak mengkonsumsi obat terlarang.

PENETAPAN TUJUAN PERIKLANAN


Penetapan tutjuan periklanan harus berdasarkan pada keputusan-keputusan sebelumnya mengenai psar sasaran, penentuan posisi pasar dan bauran pemasaran. Setelah pasar sasaran, strategi penentuan posisi dan bauran pemasaran jelas, barulah menetapkan tujuan periklanan. Iklan informative bertujuan membentuk permintaan pertama dengan memberitahukan pasar tentang produk baru, mengusulkan kegunaan baru suatu produk, memberitahukan pasar tentang peruahan harga, menjelaskan cara kerja suatu produk, menjelaskan pelayanan yang tersedia,mengoreksi kesan yang salah, mengurangi kecemasan pembeli dan membangun citra perusahaan, biasanya dilakukan besar-besaran pada tahap awal suatu produk.
Labels: bisnis

Thanks for reading STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN. Please share...!

0 Comment for "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN"

Back To Top