ADA JALAN

Langkah Alternative Tradisinal Jawa



Indonesia terkenal akan sangat beragam dan berbudaya karena di Indonesia bukan hanya terdiri dari satu ras saja, misalnya sepeti sangat banyak suku yang dimiliki dan budaya budaya tradisional yang harus tetap di jaga kelestariannya, tetapi karena manusia pada zaman sekarang sudah di pengaruhi oleh kemajuan yang sangat pesat diera digital yaitu teknologi, sehingga lama kelamaan manusia terlena dengan kecanggihan teknologi dan mulai melupakan hal-hal tradisional yang sangat penting karena hal tradisional tersebut diturunkan langsung dari nenek moyang suku-suku tertentu.
Dan berikut ini adalah cara tradisional yang mungkin pernah kalian lakukan atau masih sering di lakukan oleh sebagian orang untuk alternative penyembuan sakit ringan atau kurang enak badan.

KEROKAN
Kerokan adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh seseorang yang mengalami masuk angin dan kepala pusing, yaitu dengan cara menggarukkan uang koin disekitar punggung dan diolesi minyak atau balsam. Ada orang yang mengatakan jika kerokan sering dilakukan akan berakibat fatal bisa merusak pembuluh darah dan mengakibatkan hal-hal buruk dan sebagainya. Tapi juga masih ada yang memilih untuk cara tersebut karena efeknya memang menyembuhkan dan manjur karena cara tersebut sudah dilakukan sejak dahulu oleh kakek nenek dan buyut-buyut mereka, dan yang membuat mereka masih melakukan adalah meskipun orang-orang dulu sering melakukan kerokan mereka sehat-sehat saja malah umur orang tua zaman dulu rata-rata sampai 80 an dan tidak ada penyakit aneh-aneh seperti sekarang. Tapi ya semua tergantung kita memilih alternative atau instan kan bebas ya.

CACING TANAH/CACING KALUNG
Memang ketika melihat wujud hidupnya memang menjijikan tetapi orang jawa sering menggunakan cacing tersebut menjadi olahan obat yang sangat manjur dan berkasiat tinggi, karena cara tersebut sangat efektif untuk penyembuhan penyakit yang lumayan ganas yaitu tipes.

MENGKUDU
Mengkudu adalah salah satu buah yang sering dijadikan obat oleh orang jawa karena kasiatnya yang lumayan banyak untuk menyembuhkan badan yang kurang sehat seperti badan pegel-pegel dan asam urat, selain itu juga bisa dijadikan bahan baku pembuatan jamu tradisional.

BUAH MAHKOTADEWA
Apakah kalian pernah dengar nama untuk buah yang satu ini, ya sekarang memang susah untuk kita mencari keberadaan buah tersebut atau bisa dibilang langka karena mungkin yang menanam tumbuhan mahkotadewa tidak banya. Buah mahkota dewa bisah dijadikan obat alternative untuk menyembuhkan penyakit kadar gula, yaitu dengan cara mengambil lulit buahnya yang dikeringkan dan dijadikan teh untuk diminum dan juga bisa menyembuhkan sesak nafas.

AIR SUWUK
Air suwuk adalah salah satu alternative yang sering digunakan orang jawa. Air suwuk adalah air putih biasa yang diminta dari orang tua sepuh atau kiai yang memberikan doa penyembuhan penyakit tapi percaya atau tidak percaya itu juga sangat manjur  sembuhnya.
Itulah beberapa cara tradisional yang dulu sering dilakukan oleh orang-orang tua jawa pada jaman dulu dan mungkin sebagian kecil masih melakukan hal tersebut, nah itulah beberapa hal tradisional yang dulu sering dilakukan orang suku jawa, atau mungkin juga suku anda.


Labels: pengetahuan

Thanks for reading Langkah Alternative Tradisinal Jawa. Please share...!

0 Comment for "Langkah Alternative Tradisinal Jawa"

Back To Top